Senin, 02 Juli 2018

Langkah- Langkah Membuat Paspor

1. lengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan seperti fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir/akta kelahiran/ akta nikah sekalian yang asli juga dibawa untuk pengecekan berkas. untuk fotokopi ktp langsung dikertas A4 gak perlu digunting jadi kecil lagi. masing-masing fotokopi cukup 1 saja. jangan lupa bawa materi 6000 2 lembar, pulpen.

2. cus ke kantor imigrasi untuk ambil formulir, ada 2 lembar yang harus diisi yang pertama formulir untuk membuat paspor dan  surat pernyataan. ambilnya dideket pengambilan nomor antrian, sebaiknya sih ambilnya lebih dari 1 karena pasti bakalan ada salah-salah isi hehe dan ga boleh distipo jadi harus ngulang nulis. untuk pengambilan nomor antrian aku saranin dateng dari jam 6 pagi, ini serius ya soalnya aku udah dikasitau tapi mager. aku sampai disana jam 7 dan itu langsung ikut antrian 1 jam dan akhinya dapet nomer 88. padahal loketnya mulai buka jam 8 tapi yang antri emang naujubilah sih, heran juga kenapa tiap hari kantor imigrasi bisa rame kayak gitu.


3. Kalo gak mau repot bisa pake aplikasi antrian online bisa didownload dari ios/android, disitu lebih mudah karna bisa ngatur jadwal kapan mau buat paspor. aku awalnya pingin online tapi karena sering kehabisan kuota kalo gak gitu servernya down jadi males banget sih mangkanya lebih milih yang manual.

4. setelah ambil nomor antrian bisa langsung isi formulirnya sambil nunggu dipanggil, sebenernya bebas kalo mau ambil formulir doang trus isi dirumah juga bisa besoknya baru ke imigrasi lagi. Tapi mendingan langsung isi disana sih biar gak bolak-balik aja repot, wasting time. antrian pertama untuk pengecekan berkas, ini biasanya cepet sih jadi jangan ditinggal dulu walaupun nomer antriannya jauh.

5. Abis cek berkas nanti dikasi map yang disuru isi data dirinya, gak perlu repot-repot bawa map dari rumah. biasanya nih pada nanyain "eh harus ya bawa map? warna apa? blablabla. itu gak perlu guys palingan cuma perlu map asal-asal aja buat ngumpulin berkasnya biar ga berceceran.

6. Nah ini nih yang paling lama, setelah cek berkas nunggu lagi buat foto dan wawancara. kalo kalian dapet nomernya jauh banget gak apa-apa kalo pingin keluar dulu. wawancara nanti itu kayak ditanyain "mau kemana? sama siapa? berapa lama?" pertanyaan-pertanyaan model gitu deh, kalo masih belum tau kapan mau berangkat, jawab aja kira-kira kapan/kemana keberangkatannya namanya jadwal kan bisa berubah-ubah hehe.

7. Kalo buat paspor untuk liburan aja, nanti setelah foto dan wawancara disuru buat surat pernyataan lagi disitu dipake deh materai yang lagi 1. Gak tau juga sih kalo tujuannya tugas, kerja atau yang lain bakal disuru buat kayak gini juga atau enggak.

8. Lakukan pembayaran di bank atau atm, di imigrasi juga disedian pembayaran melalui loket kantor pos. ada semacam mobil keliling gitu. pembayaran sebesar 355.000 ribu rupiah,  paspornya jadi setelah 3 hari waktu kerja dari pembuatan.

9. Pengambilan paspor mulai dari jam 9, ambil antrian dengan cara scan barcode yang diberikan petugas setelah selesai sesi foto dan wawancara. 


0 komentar:

Posting Komentar